Rabu, 11 Januari 2012

Penyakit Kanker Kulit

Penyakit kanker kulit

January 10, 2012 | In: Kesehatan
Penyakit kanker kulit – Kanker kulit adalah kanker yang terletak di permukaan kulit kanker jenis ini mudah dilihat dan dikenali. Namun karena gejala awal yang timbul tidak begitu mengganggu kebanyakan penderita terlambat untuk berobat. Secara garis besar kenker kulit dibedakan menjadi dua bagian yaitu Melanoma maligira yang merupakan jenis kanker yang paling ganas dan Nonmelanoma maligira yang sering timbul karena permukaan kulit sering terpapar sinar matahari. Adanya kanker kulit ditandai oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali, dapat merusak jaringan di sekitarnya dan mampu menyebar ke bagian lainnya.

Penyebab

Beberapa bahan kimia dapat menyebabkan kanker kulit di antaranya ter (batu bara), arsen (yang terdapat pada insektisida/pestisida) dan nitrogen mustrad. sinar matahari juga merupakan faktor utama yang menyebabkan keganasan kanker kulit. Bagian sinar matahari yang diduga bersifat karsinogenik adalah sinar ultraviolet B (UVB). Lapisan ozon yang berada di atas bumi dianggap sebagai penahan sinar UVB sampai ke bumi. Meningkatnya pemakaian bahan-bahan kimia tertentu dapat menyebabkan lapisan ozon tersebut pecah sehingga mengakibatkan pancaran sinar UVB langsung mengenai bumi. Hal ini akan meningkatkan kejadian kanker kulit. Selain sinar matahari sinar pengion yang dipakai untuk pengobatan (radiasi/radioterapi) juga dapat menimbulkan kanker kulit.
Akhir-akhir ini ditemukan virus-virus yang dapat menyebabkan kanker kulit. Diantaranya human papilloma virus (HPV) dan human immunodeficiency virus (HIV). Bahan kimia, sinar matahari maupun sinar pengion bersama-sama dengan virus merupakan faktor penyebab dari luar tubuh. Disamping faktor dari luar terdapat juga merupakan faktor penyebab dari dalam yaitu materi genetik tubuh (genom). Daya tahan tubuh juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan kanker. Yang menarik orang berkulit putih ternyata lebih banyak menderita kanker kulit apabila terkena sinar matahari dibandingkan dengan orang yang mempunyai kulit berwarna. Dengan demikian pigmen kulit juga mempengaruhi terbentuknya sel-sel kanker pada kulit.

Gejala

Tahi lalat merupakan tumor kulit jinak. Dalam perkembangannya tahi lalat ini bisa berubah menjadi ganas. Karena itulah tahi lalat perlu diwaspadai. Ciri-ciri tahi lalat yang berubah menjadi ganas yaitu :
- Gatal
- Timbul sisik
- Mudah berdarah
- Agak kasar
- Batas antara kulit normal dengan tahi lalat tidak tegas
- Warnanya tidak sama
- Tidak mengkilap
- Cepat membesar
Tumor ganas dapat terjadi tanpa adanya tahi lalat sebelumnya. Pada awalnya timbul benjolan berwarna cokelat tua atau kehitaman yang semakin membesar. De sekitar benjolan berwarna kemerahan. Pada mulanya terjadi luka kecil pada tempat tersebut dan lama-kelamaan meluas menjadi borok. Borok ini tidak sembuh dalam waktu beberapa minggu. Dalam keadaan ini perlu dilakukan biopsi (pengambilan sel kulit) untuk mengetahui adanya sel-sel kanker.

Pengobatan

Pengobatan kanker kulit tergantung pada jenis, besar, derajat keganasan dan tempat tumbuhnya tumor. Pengobatan ini mempunyai 3 tujuan yaitu penyembuhan, pemulihan fungsi dan pemulihan kosmetis terutama pada bagaian wajah. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara pengambilan jaringan kulit yang terkena kanker melalui pembedahan. Radioterapi juga dapat digunakan dalam pengobatan kanker kulit. Setelah di lakukan radioterapi biasanya akan timbul jaringan baru di bekas luka dan terjadi pembentukan pembuluh kecil di kulit yang tidak beraturan. Kanker kulit yang tidak dapat diobati melalui pembedahan dan penyinaran dapat dilakukan terapi interferon. Penanganan kanker dengan cara ini membutuhkan biaya besar tetapi hasil kosmetisnya lebih baik. Namun ada juga pengobatan dengan mengkonsumsi manfaat daun sirsak yang banyak orang melakukannya.
Setelah sembuh dari kanker penderita perlu melakukan pemeriksaan secara berkala. Meskipun dinyatakan sembuh kemungkinan timbulnya sel kanker baru cukup besar. Penderita juga bisa memeriksa diri sendiri dengan cara mengamati kulit tubuh sebulan sekali. Untuk tubuh bagian belakang dapat diamati menggunakan cermin. Apabila terjadi perubahan yang mencurigakan pada kulit segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Pencegahan

Ada pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Usaha-usaha berikut merupakan cara mencegah terjadinya kanker kulit.
  • Hindari terpapar sinar matahari terutama saat pukul 10.00-15.00. Sinar ultraviolet merupakan faktor utama yang dapat menimbulkan kanker kulit.
  • Hindari kontak langsung dengan bahan kimia usahakan pakailah alat agar tidak terjadi kontak langsung.
  • Hindari juga kontak dengan sinar-X (sinar rontgen) yang berlebihan terutama mereka yang harus melakukan pemeriksaan dengan sinar-X atau mereka yang bekerja di ruang radiologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar